10 Aplikasi Konstruksi Bangunan untuk Arsitek

10 Aplikasi Konstruksi Bangunan untuk Arsitek

Seorang arsitek tentunya ilmu yang diperoleh selama ini akan diterapkan guna melakukan desain serta perencanaan bangunan seperti men-desain miniatur kota, rumah bahkan bangunan yang nantinya akan diaplikasikan ke dalam proses pembangunan.

Di era teknologi serba canggih seperti saat ini tentunya kalian akan sangat mudah terutama ketika akan menggambar desain untuk bangunan. Saat ini sudah tersedia software atau aplikasi konstruksi bangunan yang memang dibuat untuk kegiatan tersebut.

10 Aplikasi Konstruksi Bangunan untuk Arsitek

Bagi kalian para arsitek ataupun orang awam yang ingin belajar mendesain bangunan namun bingung apa saja aplikasi yang bisa digunakan maka jangan khawatir. Berikut ini techeazz.com rangkumkan beberapa aplikasinya.

AutoCAD Architecture

Aplikasi ini tergolong sangat banyak digunakan di dunia arsitektur. Bila diibaratkan tentunya AutoCAD Architecture merupakan alat gambar dan meja untuk seorang arsitek. Aplikasi ini memiliki keakuratan pada gambarnya.

Aplikasi memiliki tools dan library guna menggambar berbagai macam bagian bangunan seperti atap, jendela, pintu, lantai, dan lainnya di dalam bentuk 2D atau 3D. Detail gambar yang dihasilkan membuat aplikasi ini menjadi software yang harus dikuasai terutama untuk pekerjaan yang memerlukan gambar teknik.

ArchiCAD

Bagi kalian yang sudah memiliki cukup pengalaman terutama dalam penggunaan aplikasi desain rumah bisa menggunakan ArchiCAD yang mana penggunaannya memang cukup rumit. Namun banyak desain yang bisa dibuat seperti masjid, mall, gedung, rumah bahkan jalan raya.

Aplikasi ini biasa digunakan oleh mahasiswa baru arsitek dan juga beberapa arsitek profesional menggunakannya.

Chief Architect

Aplikasi konstruksi bangunan yang satu ini sering digunakan para profesional. Aplikasi ini tergolong mudah dioperasikan dengan banyak fitur. Kalian tentunya akan bisa menggambar rumah secara mudah dengan format 2D dan 3D bahkan render ke format 360.

Autodesk Revit

Bila ditanya apa keunggulan dari aplikasi ini tentu saja ketersediaan fiturnya sangat lengkap. Tidak hanya bisa membuat rumah impian dengan mudah namun kalian bisa melakukan dokumentasi dari rumah yang akan dibuat nantinya.

Punch

Software ini mengkombinasikan kekuatan dari Nexgen yang mana akan menghasilkan desain realistis serta sempurna. Hal ini karena kombinasi dari LightWorks sehingga memungkinkan pengguna melakukan desain dengan cepat walaupun project yang sedang dikerjakan besar.

Walaupun begitu salah satu kekurangannya yaitu dari segi harga yang masih tergolong mahal untuk lisensinya. Namun software ini sangatlah menarik untuk dimiliki terutama bagi kalian yang sering mengerjakan project besar.

Revit Architecture

Aplikasi konstruksi bangunan ini masih terbatas hanya pada penggunaan OS Windows saja. Aplikasi ini tergolong sangat cocok digunakan arsitek pro. Nantinya kalian bisa memperoleh informasi dari masing-masing komponen yang digunakan dalam pembuatan rumah dengan berbagai macam desain.

Softplan

Aplikasi ini bisa melakukan dokumentasi pada desain yang dibangun bahkan ada fitur lain yang tidak kalah menguntungkannya. Fitur lainnya itu berupa estimasi pemakaian biaya real time, fitur kalkulasi, dan lainnya.

MicroStation

Aplikasi ini memiliki stabilitas mumpuni sehingga banyak digunakan bila dibandingkan dengan software lain sejenisnya. Walaupun begitu ada kelemahan yang bisa kalian jadikan pertimbangan yaitu ketidakmampuannya dalam membaca file AutoCAD.

Vectorworks Architecture

Bila dilihat memang software ini tergolong rumit hal ini karena memang ditujukan untuk para arsitek profesional. Untuk menghasilkan desain luar biasa tentunya diperlukan waktu tidak sebentar untuk nantinya dapat menggunakan software ini dengan lancar.

Namun percayalah jika kalian sudah berhasil menguasainya maka kalian akan bisa menghasilkan berbagai macam desain menakjubkan.

SketchUp

Software ini memiliki kemampuan alam pengolahan desain 3D yang tentunya ideal untuk kalangan arsitek professional ataupun pemula. Bahkan hak ciptanya dibeli Google sehingga membuat software ini menjadi terkenal.

Itulah aplikasi konstruksi bangunan yang bisa digunakan untuk pemula maupun profesional. Masing-masing software tersebut bisa digunakan sesuai kebutuhan tinggal di sesuaikan saja dengan kebutuhan.

Usahakan sebagai seorang arsitek kalian bisa menggunakan lebih dari satu aplikasi karena akan sangat membantu dalam pekerjaan nantinya. Sehingga ketika menangani suatu project kemampuan kalian bisa lebih berkembang tidak terikat pada satu aplikasi saja yang mungkin tidak sesuai dengan project yang sedang dikerjakan.