Cara Ambil Tabungan Emas di Pegadaian

Cara Ambil Tabungan Emas di Pegadaian

Cara Ambil Tabungan Emas di Pegadaian – Tabungan emas kini menjadi salah satu investasi yang digemari dan dinilai aman. Nilai ekonomi dari emas yang selalu meningkat dari waktu ke waktu, menjadikan investasi ini menjanjikan keuntungan dan minim resiko. Tentunya investasi ini harus dilakukan melalui sebuah lembaga terpercaya untuk mengelola investasi Anda.

Sebenarnya investasi emas dapat dilakukan dimana saja, namun salah satu lembaga yang melayani investasi tabungan emas adalah Pegadaian. Banyak yang belum mengetahui apa keuntungan investasi ini dan bagaimana cara ambil tabungan emas di Pegadaian. Agar dapat memahaminya, Techeazz.com akan mengulasnya untuk Anda.

Keuntungan Tabungan Emas Pegadaian

Bagi Anda yang hendak berinvestasi emas namun masih ragu, simak keuntungan dari berinvestasi emas di Pegadaian berikut ini :

  1. Harga yang Stabil

Pegadaian memberikan harga emas tidak jauh berbeda dengan emas yang beredar di pasaran. Harga emas pada umumnya memiliki kecenderungan selalu naik dari waktu ke waktu, meskipun tetap terdapat naik turunnya harga akan tetapi hal tersebut tidak signifikan. Sehingga sangat cocok jika dijadikan sarana untuk berinvestasi.

Investasi emas tidak seperti investasi pada saham yang harganya terkadang mengalami penurunan yang signifikan.

  1. Resiko Kerugian Minimal

Saat Anda memilih emas untuk berinvestasi, maka resiko kerugian yang mungkin didapatkan tidak sebesar ketika investasi reksa dana, deposito, saham dll. Hal ini disebabkan harga emas yang stabil dan tentunya emas merupakan barang yang secara umum disepakati sebagai barang yang berharga.

Ketika membeli 1 gram emas ditahun ini, maka tahun depan Anda bisa mendapatkan keuntungan yang pasti. Lain halnya jika Anda berinvestasi pada barang elektronik atau kendaraan, setiap tahunnya pasti akan mengalami penyusutan harga.

  1. Mudah Diuangkan

Kapan pun Anda membutuhkannya, emas sangat mudah dicairkan. Emas merupakan alat investasi yang memiliki tingkat likuiditas yang tinggi.

  1. Dapat Dilakukan dengan Modal Kecil

Tak butuh modal yang besar jika ingin membuka tabungan emas di Pegadaian, Anda bisa memulai tabungan dengan 0,01 gram emas. Tentunya Anda harus secara berkala menambah nominalnya agar tabungan Anda semakin banyak.

Cara Ambil Tabungan Emas di Pegadaian

Jika Anda tertarik dengan tabungan emas di Pegadaian, segera mulai investasi dengan modal yang dimiliki. Mungkin Anda masih bertanya-tanya, bagaimana cara ambil tabungan emas di Pegadaian, simak penjelasannya berikut ini.

  1. Jual Kembali ke Pegadaian

Mencairkan tabungan emas biasanya dilakukan dengan tujuan mendapatkan uang cash agar dapat digunakan bertransaksi. Salah satu cara mengambil tabungan ini adalah dengan cara menjual kembali emas kepada pihak Pegadaian. Tentunya Anda akan mendapatkan harga sesuai dengan harga jual di pasaran yang sedang berlaku pada saat itu.

Intinya ketika harga pasar tinggi, pegadaian juga akan membelinya dengan tinggi. Namun jangan lupa, pastikan terlebih dahulu bahwa tabungan Anda sudah tersimpan sebanyak 1 gram emas.

  1. Mencetak Tabungan dalam bentuk Fisik

Cara selanjutnya adalah dengan mengajukan cetak emas secara fisik kepada pihak Pegadaian. Cara mengajukannya cukup mudah, Anda dapat melakukannya dengan menggunakan aplikasi milik Pegadaian, ataupun mendatangi langsung kantor pegadaian tempat Anda menabung.

Setiap pencetakan akan dikenakan biaya, besaran biaya tersebut sesuai dengan berat emas yang Anda cetak. Adapun emas dapat dicetak dalam berat 1 gram, 2 gram, 5 gram, 10 gram, 5 gram, 50, dan 100 gram.

Emas akan dikirim jika proses sudah selesai. Demikian penjelasan mengenai keuntungan dan cara ambil tabungan emas di Pegadaian. Semoga bermanfaat.