Perbedaan Trading Saham dan Investasi Saham

Perbedaan Trading Saham dan Investasi Saham

Perbedaan Trading Saham dan Investasi Saham – Dalam dunia investasi, saham merupakan salah satu jenis investasi yang sering dibicarakan. Namun, ada banyak sekali istilah-istilah mengenai dunia investasi saham yang harus diketahui sebelum masuk ke dalam nya. Salah satu hal yang harus dipahami adalah perbedaan trading saham dan investasi saham.

Agar lebih memahami mengenai saham, Techeazz.com akan menjelaskannya untuk Anda.

Pengertian Saham

Sebelum lebih dalam membahas mengenai investasi dan trading saham, terlebih dahulu Techeazz.com akan menerangkan mengenai pengertian saham. Saham merupakan bukti kepemilikan perusahaan yang juga merupakan sebuah klaim terhadap penghasilan serta kekayaan perseroan. Jika Anda membeli saham, maka artinya Anda akan menjadi salah satu pemilik dari perusahaan tersebut yang menimbulkan hak untuk mendapatkan bagi hasil dari perusahaan.

Pengertian Investasi Saham

Merucut dari pengertian di atas, investasi saham merupakan aktivitas menanam modal kepada sebuah perusahaan yang telah terdaftar dibursa efek Indonesia, serta melakukan jual beli atas saham tersebut. Investasi ini bersifat pasif artinya sebagai seorang investor Anda tidak terlibat menjalankan aktivitas usaha tersebut.

Pengertian Trading Saham

Trading saham berarti aktivitas membeli serta menjual saham dengan cara memanfaatkan naik turunnya harga pasar saham setiap harinya. Jika pada aktivitas investasi saham Anda bersifat pasif, maka pada aktivitas trading Anda akan bersifat lebih aktif. Hal ini dikarenakan, menjadi seorang trader saham harus memiliki waktu khusus untuk melakukan analisa pasar serta memutuskan waktu yang tepat untuk mendapatkan harga yang baik saat bertransaksi saham.

Tujuannya adalah mendapatkan selisih harga saat membeli dan menjual saham yang biasa disebut dengan capital gain. Besar kecilnya keuntungan tergantung dengan hasil analisa yang diuntungkan oleh trader.

Perbedaan Trading Saham dan Investasi Saham

Secara garis besar Anda sudah dapat memahami perbedaan trading saham dan investasi saham. Namun, agar lebih jelas berikut ini hal-hal yang membedakan diantara keduanya.

  1. Prinsip

Dalam investasi saham prinsip yang dipegang adalah buy and hold. Seorang investasi saham akan cenderung membeli dan kemudian menahan saham tersebut dalam jangka waktu yang panjang. Perilaku ini akan membuat investor saham tidak memperdulikan fluktuasi harga saham setiap harinya.

Adapun jangka waktu dalam berinvestasi tidak ada ketentuan pasti, semuanya tergantung pada masing-masing individu. Namun, kebanyakan investor akan melepas sahamnya ketika tujuan dari investasinya dirasa terpenuhi. Berbeda dengan investor, seorang trader saham akan menggunakan prinsip buy and sell.

Mereka akan membeli saham dan menjualnya kembali pada tingkat harga tertentu dan aktivitas tersebut dalam jangka waktu yang pendek.

  1. Analisis

Analisis yang digunakan oleh investor saham adalah analisis fundamental. Analisis fundamental mencangkup informasi dasar perusahaan, misalnya laporan keuangan, kinerja perusahaan dan lain-lain yang dapat digunakan untuk menilai performa dari perusahaan. Sedangkan seorang trader cenderung menggunakan analisis secara teknikal, analisis ini akan membantu untuk melihat laju pergerakan saham dalam waktu yang pendek.

  1. Resiko

Secara resiko investasi saham memiliki resiko yang lebih rendah dibandingkan dengan aktivitas trading saham. Namun jika dibandingkan secara keuntungan, investasi dengan resiko yang lebih rendah cenderung mendapatkan hasil yang lebih rendah dibandingkan dengan aktivitas trading saham. Biasanya trader memiliki resiko yang tinggi, karena memilih saham-saham di kelas tiga yang cenderung lebih murah dan mudah terkena sentimen pasar.

Demikian pembahasan seputar perbedaan trading saham dan investasi saham. Jika Anda ingin berfokus dalam dunia saham, maka teruslah belajar untuk memperdalam pengetahuan dan meminimalisir resiko kerugian. Semoga bermanfaat.